Wisata kota Kudus

  • Museum Kretek

Sebuah Miniatur di Museum Kretek

Bukan hanya untuk para perokok berat. Tapi bisa untuk siapa saja yang ingin tahu sejarah rokok kretek di Indonesia. Itulah Museum Kretek di Kudus, Jawa Tengah, yang merupakan satu-satunya museum rokok di Indonesia. Di sana Anda bisa menemukan bagaimana proses pembuatan rokok hingga tokoh-tokoh yang berperan besar dalam memajukan bisnis rokok di Indonesia.

Bangunan Museum Kretek yang berdiri di atas areal seluas 2 hektar ini terbilang sangat indah dan megah. Di depannya ada dua bangunan terpisah berasitektur rumah adat Kudus dan surau gaya Kudus. Interior Museum dipenuhi dengan patung-patung dan berbagai macam perlengkapan pembuatan rokok. Patung-patung yang apik itu adalah hasil karya seniman-seniman Kudus, khususnya dari kalangan pendidik.

Begitu memasuki Museum ini, Anda bakal disambut dengan patung perempuan bercaping yang dikelilingi empat perempuan lainnya. Patung-patung itu memperagakan proses pembuatan rokok kretek secara manual, mulai dari pelintingan hingga persortiran. Kemudian, di bagian sayap dalam kanan-kiri, Anda bisa mempelajari seluk beluk proses kerja pembuatan rokok dari bahan mentah hingga ke pemasaran. Dengan menggunakan diorama, di situ digambarkan mulai dari penanaman tembakau, pemetikan, pengolahan di pabrik sampai akhirnya menjadi rokok dan siap dipasarkan.

Di Museum Kretek ini juga dipamerkan mesin manual untuk mengolah tembakau dan rokok dalam filtrin-filtrin tersendiri. Berbagai macam bahan pembungkus rokok seperti daun jagung atau klobot, yang merupakan cikal bakal pembungkusan lintingan, turut melengkapi Museum ini. Siapa tokoh di balik bisnis rokok ini? Anda bisa melihatnya melalui foto-foto yang terpajang di dinding tengah bagian dalam Museum. Foto-foto saudagar atau industriawan pabrik rokok di Kudus itu terpampang dalam warna hitam-putih. Tentu saja tak ketinggalan foto M Nitisemito berukuran besar. Jangan heran bila foto M Nitisemito berukuran paling besar dibanding yang lainnya. Maklum saja, Nitisemito merupakan tokoh paling berjasa, dan pionir industri rokok di Kudus bahkan di Indonesia. Tak berlebihan bila Museum ini seolah tempat mengenang jasa industriawan Nitisemito.

Tertarik? Silakan datang. Tempatnya tak terlalu sulit untuk dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Kota Kudus terletak 50 km timur Semarang, paling tidak bisa menghabiskan waktu kurang dari satu jam dari Semarang. Tapi ingat, jangan berasap (merokok) di ”museum asap” ini.

  • Gunung Muria ( Wisata pegunungan Colo )

Gunung Muria adalah gunung yang terletak di sebelah utara kota kudus kurang lebih 18 Km dari pusat kota. Gunung Muria sudah banyak dikenal orang terutama para peziarah, karena disana terdapat makam salah satu tokoh dari 9 wali, yaitu Sunan Muria. Selain Makam Sunan Muria terdapat juga objek wisata pegunungan yaitu Colo.

Colo merupakan daerah tujuan wisata yang banyak di kunjungi, umumnya pada hari Sabtu dan Minggu, Selain udaranya yang sejuk dan segar anda juga dapat menemukan wisata Air terjun Monthel, disana anda dapat mandi atau sekedar bermain air. Bagi anda yang ingin menikmati liburan dan beristirahat dengan santai sembari menghirup udara segar di sana juga terdapat banyak vila untuk disewakan. Bagi anda yang Hobby petualangan, disana anda juga dapat melakukan camping atau mendirikan kemah.

  • Taman Krida Wisata Gor Wergu Wetan

Taman Krida Wisata

Yaitu sebuah taman rekreasi yang teduh dan nyaman lokasi ini terdapat di depan gedung olah raga ( GOR ) wergu wetan. disana anda dapat menemukan aneka tempat bermain anak – anak, selain itu anda juga dapat duduk – duduk santai di bawah pohon rindang yang banyak terdapat disana sambil melihat pemandangan, atau melihat tingkah monyet – monyet. jika anda lelah dan capek berjalan – jalan anda dapat menikmati jagung bakar atau bakwan bakar sambil minum teh, lokasinya terdapat di belakang komplek taman wisata, disana terdapat kurang lebih 10 pedagang jagung bakar yang setiap hari mangkal disana, tempat ini banyak di kunjungi anak – anak muda di waktu sore hari.

Merupakan tugu identitas kota kudus, bangunan yang mirip menyerupai bangunan Masjid Menara setinggi 50 m ini banyak dikunjungi oleh wisatawan umumnya anak – anak muda. di puncak tugu tersebut terdapat ruangan, disana anda dapat melihat keindahan pemandangan kota Kudus dari atas, selain itu terdapat juga sebuah taman disana, jika anda ingin santai sambil duduk – duduk disanalah tempat yang cocok. Untuk memasuki kawasan tugu Identitas tersebut anda hanya di pungut biaya Rp. 500. Lokasi ini terdapat di depan komplek pertokoan Kudus Plaza.

0 komentar:

Bluetooth Proximity Marketing Light 2.0

silahakan yang ingin download driver Bluetooth Proximity Marketing Light 2.0, bisa klik disini


download

Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger